RSS

Manfaat Jeruk



Seperempat bagian dari total kandungan vitamin C buah jeruk terdapat di dalam sari buahnya. Betakaroten (provitamin A), yang membentuk vitamin A banyak terdapat di dalam kulit dan sari buah jeruk.
Kandungan gizi jeruk manis per 100 gram :

energi 45 kkal
protein 0,9 g
lemak 0,2 g
karbohidrat 11,2 g
fosfor 23 mg
kalsium 33 mg
besi 0,4 mg
vitamin A 190 IU
vitamin B1 0,08 mg
vitamin C 49 mg
serta air 87,2 g.
Manfaat Buah jeruk Manis untuk kesehatan diantaranya :

Kandungan betakaroten dan bioflavanoid dalam jeruk manis dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler.
Kandungan kadar gula dan vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pertahanan tubuh, mengobati panas dalam, dan menyembuhkan sariawan.
Kandungan Pektinnya banyak terdapat dalam buah dan kulit jeruk, dan bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mingkatkan kolesterol baik (HDL).
Kandungan flavanoidnya, seperti flavanpis yang bermanfaat sebagai antioksidan penangkal menangkap radikal bebas penyebab kanker. Flavanoid juga menghalangi reaksi oksidasi LDL yang menyebabkan darah mengental dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah.
Kandungan gula buah bermanfaat untuk memulihkan energi secara cepat. Jeruk juga kaya akan serat (dietary fiber) yang dapat mengikat zat karsinogen di dalam saluran pencernaan. Manfaatnya sembelit, wasir dan kanker kolon bisa dihindari.
Sumber alami asam folik yang mengurangi resiko wanita hamil melahirkan bayi dengan down syndrome. Asam folik juga membantu mencegah penyakit fatal yang berkaitan dengan usia, seperti penyakit jantung dan alzheimer.
Untuk Menetralisir racun. Apabila biji jeruk manis direndam dalam air hangat dan diminum dapat menetralisir bisa (racun) yang mematikan. 
Kandungan serat yang tinggi dalam jeruk manis dapat memperlancar proses pencernaan.
Untuk TBC. Caranya : Air jeruk manis ditambah sedikit garam dan madu berkhasiat mengatasi gangguan bronkhitis, asma, tubercolosis (TBC), dan masuk angin.

 Manfaat Buah jeruk Manis Untuk kecantikan


Melembutkan kulit dan mengusir bintik hitam pada wajah. Caranya, rebus kulit jeruk hingga mendidih, lalu saring. Minum airnya dalam kondisi hangat segelas per hari selama 3 bulan.
Menghindari radikal bebas
Kandungan Vitamin C sebagai anti-oksidan bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas, dan juga memperkuat sel-sel kulit, serta meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga elastisitas kulit pun terjaga. Proses ini disebut dengan proses regenarasi kulit.
Menghilangkan kulit mati dan jerawat. Kandungan asam pada vitamin C nya mampu menipiskan tumpukan kulit mati yang menimbun kulit. Dengan menipisnya kulit mati ini, penyumbatan pori-pori juga berkurang. Hal ini terutama baik untuk jenis kulit berminyak/berjerawat.
Membangkitkan semangat
Wangi jeruk yang menyegarkan membuat semangat Anda timbul. Hal ini sangat berguna di pagi hari ketika Anda merasa lemas dan tidak bersemangat. Mandilah dengan menggunakan sabun maupun shower gel beraroma jeruk. Aroma lime, atau jeruk nipis, misalnya, sangat baik untuk membangkitkan semangat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar