RSS

Jus dan Smoothie, Apa Bedanya?


Apa Beda Jus dan Smoothie?
Jus berasal dari kata juice yang berarti sari perasan. Jus adalah ekstrak cair murni dari buah atau sayur yang diperas. Dahulu orang membuat jus dengan memeras buah dengan atau tanpa menghancurkannya terlebih dahulu. Setelah diperas ampasnya dibuang. Yang dibuat jus biasanya sayur atau buah yang banyak mengandung air seperti jeruk, tomat, mangga, sirsak, dsb. Sekarang mambuat jus jauh lebih mudah dengan alat yang disebut juice extractor. Juice extractor menghancurkan bahan makanan, memeras, dan memisahkan antara estrak cair dengan ampasnya. Dengan juice extractor buah dan sayuran yang lebih padat dan sedikit mengandung air sekalipun sangat mudah dibuat jus seperti, wortel, brokoli, ubi, dsb.
Smoothie secara harfiah berarti “halusan” atau “yang dihaluskan”. Smoothie adalah buah atau sayur yang dihaluskan dengan blender.
Mana yang Lebih Populer, Jus atau Smoothie?
Dalam bahasa sehari-hari, istilah jus digunakan untuk jus perasan maupun smoothie. Jus dalam  istilah umum adalah sari makanan dari buah atau sayur dalam bentuk cair dengan atau tanpa ampasnya. Jus dalam istilah khusus adalah ekstrak buah atau sayur dalam bentuk cair (tanpa ampas). Meskipun istilah jus lebih populer, nyatanya lebih banyak orang yang suka membuat dan mengkonsumsi smoothie (walaupun seringkali mereka menyebutnya jus juga). Di beberapa negara, jus sangat populer sebagai minuman konsumsi sehari-hari, yang memiliki kedudukan sama dengan minuman berkalori seperti teh atau kopi.
Mana yang Lebih Baik, Jus atau Smoothie?
Jus dan smoothie sama-sama mengandung nutrisi. Pada jus tidak ada serat, sedangkan pada smoothie ada serat. Memilih jus atau smoothie bisa jadi merupakan pilihan selera, tetapi bisa juga merupakan strategi untuk memperoleh nutrisinya. Lebih mudah mengkonsumsi jus dari ekstrak 2 kg wortel daripada mengkonsumsi smoothie dari 2 kg wortel. Mengkonsumsi wortel secara langsung bisa lebih banyak memberikan manfaat bagi kesehatan karena lebih mengenyangkan, dan tidak ada gula yang perlu ditambahkan. Selagi anda memilih makanan sehat, terserah anda bagaimana cara mengkonsumsinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar