RSS

Cara Membuat jus kulit manggis





Cara mengolah Kulit Manggis dengan cara sederhana : pertama ,Cuci bersih kulit buah, lalu potong kulit 2 butir buah manggis. Kemudian potongan kulit manggis direbus dalam 4 gelas air, sampai tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring yang diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari.

Cara mengolah Kulit manggis yang lain
Pembuatan sirup atau jus xanthone. 
•   Untuk menghasilkan ekstrak xanthone, kerok bagian dalam dari kulit buah segar,
•   Tambahkan dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2.
•   Setelah diblender (dihancurkan), simpan selama 24 jam kemudian saring.
•   Untuk membuat sirupnya, campurkan ekstrak xanthone dengan madu , serta ekstrak rosella.
•  Lalu, panaskan pada suhu 90-95 derajat Celcius selama 10 menit agar kandungan alkohol dari ekstrak xanthone hilang.

Buah Manggis mengandung gula sakarosa, dekstrosa, dan levulosa.
Komposisi bagian buah yang dimakan per 100 gram meliputi 79,2gram air,0,5 gram protein, 19,8 gram karbohidrat, 0,3 gram serat, 11 mg kalsium, 17mg fosfor,0,9 mg besi, 14 IU vitamin A, 66mg vitamin c, vitamin B(tiamin) 0,09 mg besi,14 IU vitamin A, 66 mg vitamin C, vitamin B (taimin) 0,09 mg, vitamin B2 (riboflavin) 0,06 mg, dan vitamin B5 (naisin) 0,1 mg.Kebanyakan buah manggis di kosomsi dalam keadaan segar.

Kulit Manggis
Kulit manggais bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan bahan baku obat-obatan. Kulit ini mengandung senyawa xanton yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostenon A,mangostinon B,trapezifolixanthon, tovophyllin B, alfamangostin, beta mangostin, garsinon B, mangostanol,flafonoid epicatechin, dan gartanin.

Senyawa xanton hanya dihasilkan oleh genus Garsinia. Di luar negri kulit manggis dimanfaatkan sebagai suplement diet, antioksidan, dan anti kanker.

kasiat xanton bukan hanya antioksidan,tapi juga anti kanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuahan sel kanker. Selain itu, esktra ni bersifat apoptosis, penghancur sel kanker.

xanton mampu merawat beberapa jenis kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru, Xanton dalam kulit manggis juga mampu mengatasi penyakit tuberkolosis (TBC), asma, leukemia, serta sebagai antiinflamasi dan antidiare. selain anti kanker dan antioksidan, juga mujarap untuk mengatasi jantung koroner dan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pengidap HIV/AIDS.

Hasil penelitian menunjukkan, ekstra kulit manggis  mempunyai aktivitaas melawan sel kanker payudara, lever, dan leukemia. Juga bisa digunakan sebagai antihistamin, antiinflamasi, menekan sistem saraf pusat, dan penurun tekanan darah tinggi.

Begitu banyak manfaat dan khasiat dari Buah dan Kulit manggis, cara memaksimalkan khasiatnya pun sudah kita ketahui. SOOO..... Konsumsi Buah Manggis lebih sering dari biasanya. Ubah kebiasaan ngemil yang lain dengan mengkonsumsi Buah Manggis. Semoga Cara Membuat jus kulit manggis atau sirup xanthone bisa bermanfaat. O yaa.... dapatakan kajian yang lebih dalam lagi tentang Manfaat Kulit Manggis. Salam sehat dengan cara alami selalu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar